copilot

Microsoft Tambah Tombol Copilot di Keyboard Windows 11  

Posted on

SEOAGNCY Microsoft tambah tombol Copilot, termasuk bagi pengguna PC atau laptop. Oleh karena itu, Microsoft selalu memberikan pembaruan untuk memudahkan pengguna mengakses layanan tersebut. Salah satunya muncul ketika menekan tombol khusus Copilot pada keyboard  PC atau laptop modern. Oleh karena itu, tombol ini memberi pengguna akses cepat ke layanan Copilot.

Menurut informasi dari The Verge, Minggu (1 Juli 2024), kehadiran tombol ini merupakan perubahan besar pertama pada keyboard PC Windows dalam 30 tahun terakhir. Pasalnya, selama belum ada perubahan besar pada layout keyboard  perangkat Microsoft Windows.

“Kami percaya ini adalah momen transformatif lainnya dalam perjalanan dengan Windows, dan Copilot adalah pintu gerbang menuju dunia AI di PC.” Yusuf Mehdi, Wakil Presiden Eksekutif Microsoft dan Chief Marketing Officer Konsumen menyampaikan hal tersebut.

Tombol Copilot kemudian menggantikan tombol Menu atau Aplikasi yang awalnya diperkenalkan dengan tombol Windows. Oleh karena itu, tombol ini terletak di sisi kanan  keyboard, tapi penempatannya mungkin berbeda-beda tergantung produsen perangkat. Seperti yang  dijelaskan, digunakan untuk meluncurkan Windows Copilot  di Windows 11.

Microsoft sebenarnya mengambil langkah serupa  dengan menambahkan tombol Office ke keyboardnya sendiri. Jika Windows Copilot belum tersedia di negara Anda, mengklik tombol Copilot akan membuka Pencarian Windows. Saat tombol tersebut belum bisa digabungkan dengan tombol lain sehingga hanya memiliki satu fungsi saja.

  1. Copilot Rilis di Android dan iOS Berbasis AI

Sebelumnya, Microsoft secara mengejutkan merilis chatbot AI generatif berbasis ChatGPT yaitu Copilot untuk Android dan iOS. Secara umum, Microsoft Copilot versi Android dan iOS memiliki fungsi dan tampilan yang mirip dengan aplikasi OpenAI ChatGPT versi mobile. Mirip dengan aplikasi ChatGPT OpenAI, pengguna dapat membuat perintah dan perintah untuk mengajukan pertanyaan, meringkas teks, mendesain email, blog, dan lainnya.

Selain itu, pengguna ponsel Android dan iOS dapat menggunakan Microsoft Copilot untuk membuat gambar menggunakan teknologi DALL-E 3. Dikutip dari Mashable, Rabu, 1 Maret 2024. Aplikasi besutan Microsoft juga menyertakan akses ke LLM (Bahasa Besar). Model terbaru OpenAI GPT-4, gratis. Kini pengguna gratis  hanya dapat mengakses layanan GPT 3.5. Microsoft Copilot sekarang tersedia untuk diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

 

  1. Microsoft Ubah Nama Bing Chat Jadi Copilot

Pada bulan November 2023, Microsoft memutuskan untuk mengubah nama Bing Chat menjadi Copilot. Setelah Microsoft mencoba memperkenalkan Bing Chat, yang memiliki antarmuka obrolan mirip dengan ChatGPT, sebagai bagian dari mesin pencari Bing.

Microsoft meluncurkan inovasi besar  dalam pengembangan AI dengan Bing Chat awal tahun. Sekarang produknya tidak dapat diidentifikasi dengan Copilot, meskipun Bing Chat berusia kurang dari satu tahun.

Perubahan nama terjadi beberapa hari setelah OpenAI mengumumkan bahwa 100 juta orang menggunakan ChatGPT setiap minggunya. Hal itu menunjukkan intensitas persaingan antara Microsoft dan OpenAI di bidang asisten AI.

 

  1. Respons Popularitas ChatGPT

Perubahan mencerminkan strategi Microsoft untuk bersaing dengan ChatGPT dan memposisikan Copilot sebagai pilihan menarik bagi konsumen dan bisnis. Copilot ditawarkan oleh Microsoft dalam dua versi, gratis dan berbayar yang disebut Copilot untuk Microsoft 365. Versi gratisnya tersedia untuk Bing dan Windows, tetapi  memiliki domain khusus di kopilot.microsoft.com.

 

Pengguna bisnis menggunakan ID Entra mereka untuk masuk ke Copilot, sedangkan konsumen memerlukan akun Microsoft. Upaya Microsoft tambah tombol copilot untuk menanggapi popularitas ChatGPT dan menjaga produk tetap relevan dan kompetitif di pasar. (redaksiagen bola terpercaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *