alternatif figma

Layak Dicoba, Ini Alternatif Figma untuk Membuat Desain

Posted on

SEOAGNCY – Figma dengan cepat menjadi salah satu alat paling populer di kalangan desainer grafis. Menariknya gratis untuk digunakan, tapi jika  ingin  fitur  lebih lengkap harus membayar. Pada 2022, Figma resmi diakuisisi oleh Adobe. Untuk mengantisipasi kemungkinan perubahan aturan, banyak desainer mulai mencari alternatif Figma untuk membuat desain. Oleh karena itu, di sini kami akan mempertimbangkan alternatif Figma terbaik, baik versi gratis maupun berbayar.

  1. Framer

Pertama, Framer memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan tim untuk membuat desain. Pengguna dapat memanfaatkan komponen bawaan, alat tata letak, dan sumber daya lainnya untuk merancang produk yang realistis dan menarik. Aplikasi ini juga menyediakan fitur kolaborasi waktu nyata untuk merancang, meninjau, dan menguji proyek Anda.

Terdapat juga  tutorial berguna untuk membantu pengguna memahami tata letak dan alur kerja. Kamujuga dapat mempelajari lebih lanjut  dan bergabung dengan komunitas yang terdiri dari ribuan orang yang meminta bantuan di saluran YouTube kami.

 

  1. Penpot

Diluncurkan pada tahun 2021, namun sudah  menarik perhatian banyak orang. Saat ini Penpot dikembangkan sebagai perangkat lunak open source untuk desain, kolaborasi, dan pembuatan prototipe. Penpot terutama kompatibel dengan produk Figma. Ini dimulai dengan desain antarmuka, termasuk pembuatan prototipe, fitur kolaborasi, dan perpustakaan serta templat gratis yang dikurasi oleh komunitas.

 

  1. Sketch

Aplikasi macOS yang menyediakan berbagai alat canggih kepada pengguna untuk membantu membuat desain produk. Selain itu, Sketch juga menawarkan komponen cerdas, variabel warna, dan gaya lapisan untuk mengelola desain. Tools Sketch juga mendukung kolaborasi real-time dengan aplikasi.

Kamu juga dapat membuat perpustakaan dan membaginya dengan karyawan. Perpustakaan ini dapat mencakup simbol, gaya penulisan, warna, dan banyak lagi. Menariknya, dapat berbagi dokumen yang dibuat di platform sambil mengelola sendiri kontrol akses.

 

  1. Axure RP

Memungkinkan pengguna membuat prototipe UX yang dapat memicu kombinasi  peristiwa, tindakan, dan parameter tanpa batas. Axure RP memiliki alat kolaborasi seperti tautan bersama yang berfungsi secara real time. Ini terintegrasi dengan platform lain seperti Slack, Teams, Sketch, dan Adobe XD. Tools Axure RP menawarkan uji coba gratis selama 30 hari. Jika ingin menggunakannya lagi, harus membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan.

 

  1. Siter

Terutama jika menggunakan Figma untuk menggunakan kit UI yang ada, lalu menyesuaikannya dan meneruskannya ke template HTML. Siter bisa menjadi alternatif yang baik.

Siter adalah alat desain yang dirancang sebagai platform tanpa kode untuk membuat dan menyesuaikan tata letak situs web dan menerbitkannya melalui Siter. Kelebihan Siter adalah pengguna dapat mengajak orang lain untuk berkolaborasi dalam desain yang sama. Setelah proyek selesai, kepemilikan dapat dialihkan ke pelanggan.

 

  1. Affinity Designer

Alat yang dapat digunakan untuk desain mockup, desain UI, logo, dan aset branding. Sayangnya, Affinity Designer tidak memiliki fitur seperti kolaborasi dan pembuatan prototipe waktu nyata, serta tidak memiliki sistem plugin. Salah satu hal menarik tentang Affinity Designer adalah sistem izinnya. Bayar sekali untuk perangkat lunak tersebut, lalu gunakan di perangkat apa pun yang diinginkan.

 

  1. UXPin

Desain berbasis kode yang memungkinkan pengembang membuat antarmuka menggunakan komponen yang sama yang mereka gunakan. UXPin juga  sangat canggih untuk tugas UI sehari-hari seperti pembuatan prototipe, wireframing, dan kolaborasi. Menyediakan dokumentasi UXPin  yang dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin mempelajari  lebih lanjut tentang UXPin.

 

Di sini kamu akan menemukan petunjuk terperinci tentang semua aspek alat, termasuk contoh editor, cara menggunakannya, dan banyak fitur lainnya. Jadi jika mulai bosan dengan alternatif Figma untuk membuat desain. Kamu dapat mencoba tools tersebut. (redaksivisitorbet)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *