tembaga untuk kesehatan

Ketahui Manfaat Copper atau Mineral Tembaga untuk Kesehatan

Posted on

SEOAGNCY – Pelajari manfaat copper atau mineral tembaga atau mineral tembaga bagi kesehatan Tembaga merupakan mineral tembaga yang berperan penting dalam mendukung fungsi tubuh secara keseluruhan. Nutrisi biasanya diambil dalam bentuk suplemen makanan. Namun, jika kadar tembaga dalam tubuh Anda seimbang, suplemen tembaga tidak diperlukan.

Pasalnya, mengonsumsi suplemen nutrisi justru dapat mengganggu keseimbangan dan menimbulkan penyakit tertentu seperti penyakit Alzheimer. Ingin tahu lebih banyak tentang tembaga dan manfaatnya bagi tubuh? Berikut ulasannya!

 

Apa itu Copper?

Tembaga adalah mineral yang ditemukan di seluruh tubuh. Nutrisi ini membantu tubuh Anda memproduksi sel darah merah dan menjaga sel saraf dan sistem kekebalan tubuh tetap sehat. Tembaga juga membantu pembentukan kolagen, komponen penting dalam pembentukan tulang dan jaringan ikat.

Copper juga berperan sebagai antioksidan, meredam radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA. Asupan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan anemia, patah tulang, osteoporosis, rendahnya jumlah sel darah putih, aritmia, dan bahkan masalah tiroid. Untuk melengkapinya, bisa mengonsumsi suplemen nutrisi atau berbagai jenis makanan. Contohnya termasuk tiram, hati, roti, biji-bijian, kerang, sayuran berdaun hijau tua, kacang-kacangan, dan coklat.

 

Fungsi Tembaga untuk Kesehatan Tubuh

Berikut terdapat beberapa manfaat copper bagi kesehatan tubuh, antara lain:

  1. Memproduksi kolagen

Sebuah penelitian berjudul “The Effects of Antioxidant Supplementation on the Aging Process” yang diterbitkan dalam Clinical Interventions in Aging menemukan. Tembaga berperan penting dalam menjaga kolagen dan elastin, dua komponen struktural utama tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa tembaga memiliki sifat antioksidan.

Seperti antioksidan lainnya, tembaga membantu mencegah penuaan kulit. Tanpa  tembaga yang cukup, tubuh tidak dapat menggantikan jaringan ikat yang rusak dan kolagen pembentuk tulang. Dapat menimbulkan berbagai masalah, termasuk masalah persendian.

 

  1. Menstabilkan kekebalan tubuh

Jika kadar tembaga terlalu rendah, terdapat risiko neutropenia. Hal tersebut dapat menyebabkan kekurangan sel darah putih dan neutrofil yang berfungsi  melawan infeksi di dalam tubuh. Penurunan jumlah neutrofil dapat membuat sistem kekebalan tubuh  kurang efektif  melawan infeksi. Penyakit-penyakit ini dapat meningkatkan risiko tertular infeksi.

 

  1. Mencegah osteoporosis

Defisiensi tembaga yang parah berkontribusi terhadap penurunan kepadatan tulang dan meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Manfaat lainnya dari tembaga yakni penting dalam proses biokimia yang terlibat dalam pembentukan dan pematangan sel tulang. Ada banyak enzim yang bergantung pada tembaga, seperti lisil oksidase. Enzim ini berperan  dalam pembentukan kerangka protein tulang yang kuat.

 

  1. Mendukung kesehatan jantung

Berperan dalam proses metabolisme lemak seperti transportasi dan pemecahan kolesterol. Itu membantu mencegah penumpukan kolesterol, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan masalah jantung.

 

  1. Radang sendi

Penting dalam pencegahan radang sendi melalui berbagai mekanisme. Sebagai agen anti inflamasi alami, tembaga membantu mengurangi peradangan sendi, yang merupakan faktor utama berkembangnya arthritis. Selain itu juga diperlukan untuk sintesis kolagen, protein struktural yang mendukung elastisitas dan kekuatan tulang rawan. Langkah tersebut juga membantu mencegah kerusakan dan keausan  sendi.

 

  1. Bersifat antioksidan

Memiliki kandungan antioksidan karena perannya dalam aktivitas enzim superoksida dismutase (SOD). SOD adalah enzim yang penting dalam pertahanan tubuh melawan stres oksidatif.Ketika radikal bebas terbentuk di dalam tubuh, SOD yang mengandung tembaga bertanggung jawab untuk mengubah superoksida menjadi hidrogen peroksida, yang dipecah menjadi air dan oksigen.

Sebagai komponen penting, tembaga membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Hal tersebut dilakukan dengan mengendalikan dan mengurangi jumlah radikal bebas penyebab kerusakan sel. Menjelaskan tembaga dan pengaruhnya terhadap tubuh.

 

Itulah manfaat copper atau mineral tembaga untuk kesehatan tubuh. Jika kamu ingin informasi lebih lanjut mengenai kesehatan dan pola hidup sehat lainnya. (redaksi: situs judi slot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *