steroid

7 Efek Samping Steroid Terhadap Tubuhmu Jika Menggunakannya Dalam Jangka Panjang  

Posted on

SEOAGNCY – Steroid sering kali menjadi topik yang sering didiskusikan dalam konteks kesehatan dan kebugaran. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan steroid? Steroid adalah senyawa organik yang terdiri dari cincin karbon dengan berbagai kelompok kimia yang terikat padanya. Secara umum, steroid ditemukan dalam tubuh manusia dan hewan serta dapat diproduksi secara sintetis. Mereka memiliki peran penting dalam fungsi hormonal, metabolisme, dan perkembangan tubuh.

Ada sekiranya dua macam steroid yan perlu untuk kamu ketahui. Berikut penjelasan mengenai jenis steroid yang perlu kamu ketahui.

  1. Anabolik

Salah satu jenis steroid yang sering dibahas adalah steroid anabolik. Steroid anabolik adalah bentuk sintetis dari hormon testosteron yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan performa atletik. Mereka seringkali digunakan secara ilegal oleh beberapa individu yang ingin meningkatkan massa otot atau meningkatkan performa fisik mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan steroid anabolik tanpa pengawasan medis dapat berisiko dan menjadi hal yang sangat tidak dianjurkan.

  1. Kortikosteroid

Berikutnya ada Steroid kortikosteroid yang merupakan jenis steroid lainnya yang digunakan dalam bidang medis. Biasanya, digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti peradangan, alergi, gangguan imun, dan penyakit autoimun. Kortikosteroid bekerja dengan cara mengurangi peradangan dan mengontrol reaksi kekebalan tubuh. Akan tetapi perlu untuk mengingat bahwa penggunaan steroid kortikosteroid harus diawasi oleh dokter dan diikuti dengan dosis yang tepat, karena penggunaan jangka panjang dapat memiliki efek samping yang serius.

 

Legalitas dari Penggunaan Steroid

Status hukum penggunaan steroid bervariasi di setiap negara. Beberapa negara mengizinkan penggunaan steroid tertentu dalam pengobatan medis yang diawasi oleh dokter. Penggunaan steroid tanpa resep medis atau penggunaan steroid anabolik untuk tujuan non-medis tetaplah dilarang, dan biasanya dianggap sebagai pelanggaran hukum dan dapat memiliki konsekuensi hukum yang serius.

Sangatlah Penting untuk diingat bahwa penggunaan steroid haruslah dilakukan dengan bijaksana dan hanya dalam konteks pengawasan medis yang tepat. Jangan menggunakan steroid tanpa konsultasi dokter atau mencoba memperolehnya secara ilegal. Jika kamu memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang steroid, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan yang berkualifikasi, untuk mendapatkan informasi yang akurat dan tepat sesuai dengan kebutuhan.

 

Efek Samping Penggunaan Steroid Jangka Panjang Yang Bisa Membahayakan Tubuhmu

Penggunaan steroid jangka panjang dapat memiliki dampak serius pada tubuh kamu. Meskipun penggunaan steroid tertentu dapat dianjurkan dalam pengobatan medis tertentu, penting untuk memahami efek samping yang mungkin kamu alami. Berikut adalah 7  efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan steroid jangka panjang.

  1. Terjadinya Gangguan Hormon

Menggunakan steroid dalam jangka yang panjang dapat mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh kamu. Hal tersebut dapat menyebabkan masalah seperti penurunan produksi hormon seksual, gangguan menstruasi, atau infertilitas pada pria dan wanita. Ketidakseimbangan hormon mungkin juga dapat terjadi, yang tentu saja dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi kamu.

 

  1. Penurunan Fungsi Imun

Terkadang, Steroid juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh kamu, membuat kamu lebih rentan terhadap infeksi. Terjadinya penurunan fungsi imun  dikarenakan steroid mengurangi respons imun tubuh terhadap patogen atau mikroorganisme penyebab penyakit. Sebagai akibatnya, kamu mungkin lebih rentan terhadap infeksi bakteri, virus, atau jamur.

 

  1. Osteoporosis

Apabila steroid digunakan dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang atau osteoporosis. Itu menjadi masalah yang dapat meningkatkan risiko kamu mengalami patah tulang, terutama pada tulang belakang, pinggul, atau pergelangan tangan. Penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan seperti asupan kalsium dan vitamin D yang cukup, serta melakukan latihan fisik yang mendukung kesehatan tulang kamu.

 

  1. Menyebabkan Terjadinya Suatu Masalah Kulit

Efek samping yang mungkin kamu alami pada kulit adalah penipisan kulit, perubahan warna kulit, dan peningkatan risiko infeksi kulit. Penggunaannya dalam jangka yang relatif panjang dapat mempengaruhi produksi kolagen dan elastin, yang tentunya sangat penting untuk kesehatan kulit. Kemungkinan juga kamu bisa saja mengalami peningkatan pertumbuhan rambut pada wajah atau tubuh.

 

  1. Kenaikan Berat Badan

Tak hanya berhenti di situ, Steroid bahkan  dapat juga mempengaruhi metabolisme tubuh kamu, menyebabkan peningkatan nafsu makan dan penimbunan lemak. Akibatnya, kamu mungkin mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Sehingga terjadi peningkatan risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait seperti penyakit jantung atau diabetes.

 

  1. Gangguan Mood

Secara psikologis, efek samping juga mungkin terjadi akibat penggunaan steroid jangka panjang. Beberapa orang melaporkan perubahan suasana hati, kecemasan, depresi, atau bahkan gejala seperti kecanduan, yang tentunya terkait dengan pengaruh steroid pada neurotransmitter pada otak.

 

  1. Gangguan Hormon Tambahan

Selain gangguan hormon seksual, penggunaan steroid jangka panjang juga dapat mempengaruhi kelenjar adrenal dan produksi hormon kortisol. Masalah itu juga dapat timbul seperti sindrom Cushing, tekanan darah tinggi, atau gangguan keseimbangan elektrolit.

 

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai steroid dan efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan steroid jangka panjang. Makanya kamu perlu mendiskusikan dengan dokter atau profesional kesehatan kamu tentang risiko yang mungkin terjadi sebelum memutuskan untuk menggunakan steroid jangka panjang. Penting juga untuk mengikuti instruksi penggunaan dan melakukan pengawasan medis yang tepat selama penggunaan steroid. (redaksi: situs slot online)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *